Sosialisasi Kurikulum Pendidikan ISMUBA Jenjang SMP Muhammadiyah se-Sleman

Facebook
Twitter
LinkedIn
0 0
Read Time:2 Minute, 47 Second

Depok, Pdmsleman.Or.Id

Bertempat di aula SD Muhammadiyah Condong Catur Sleman, Majelis Dikdasmen dan PNF Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Sleman bekerjasama dengan Badan Kerjasama Sekolah (BKS) SMP Muhammadiyah Daerah Sleman pada Kamis pagi sampai siang (27/6) mengadakan acara Sosialisasi Kurikulum Pendidikan ISMUBA Tahun 2024 sehubungan dengan telah disahkan dan diberlakukannya Kurikulum Pendidikan Al-Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab (ISMUBA) Tahun 2024 oleh Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan Pendidikan Non Formal Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

 Sosialisasi ini dihadiri oleh kepala sekolah,, Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum dan Wakil Kepala Sekolah Urusan ISMUBA dari masing-masing SMP Muhammadiyah se Daerah Sleman. Dalam sambutannya, H. Surakhmad, S.Pd menyampaikan  pertama, Metode pembelajaran Ismuba : holistik integratif. kedua, Semua guru karyawan adalah guru Ismu (minimal). Al Islam, Kemuh, BHS. Arab. Review kurikulum, strukturnya A. Al Islam B. Kemuh dan mulok. C. Extrakurikuler TS HW IPM. Hrs ada kokurikuker dan pembiasaan. Yang akan menjadi ruh sekolah.

KS buat kebijakan Karena Ismuba lebih sedikit maka masuk ke kokurikuler, pembiasaan dan pengembangan karakter.

Ketiga, Pengembangan karakter ini yang paling berat. Kita ini adalah pewaris pada nabi, bagaimana anak kita karakternya kuat. Maka al Islam, kurikulum, kokurekukier itu tdk bisa terpisah, harus holistik integraif. Karakter ini lebih utama dibanding pengetahuan yang lain. Maka penyempurnaan akhlaq manusia.

Maka nanti pada MGMP, bagaimana mengembangkan karakter ini, perencanaan pelaksanaan dan penilaiannya yang bukan hanya pengetahuan melainkan sikap dan ketrampilan.

Keempat, Tantangan Waka Ismuba adalah mengembangkan karakter, Karena Al Islam menyempurnakan akhlaq manusia.

Adapun materi sosialisasi dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah disampaikan oleh wakil sekretaris Majelis Dikdasmen dan PNF, Abdullah Mukti, S.Pd, M.Pd serta diskusi dan tindaklanjut implementasi di masing-masing sekolah.

Dalam pemaparannya Abdulah Mukti, S.Pd, M.Pd berangkat dari rasional visi pengembangan berdasarkan tanfidz keputusan Muktamar Muhammadiyah ke-48 tahun 2022`disampaikan bahwa “ transformasi pendidikan dasar dan menengah berbasis Al Islam dan Kemuhammadiyahan sebagai karakter utama, holistik, dan integratif, serta menghasilkan lulusan berkemajuan dengan etos pembelajar sepanjang hayat yang mampu menjawab kebutuhan zaman dengan tata kelola pendidikan unggul yang berdaya saing global dan inklusif”.

Selanjutnya Program Strategis Majelis Dikdasmen PNF lainnya adalah sebagai berikut:

  1. ISMUBA berbasis Aktifitas
  2. Revitalisasi pelatihan dan pendidikan kepemimpinan kepala sekolah/madrasah
  3. Mengakselerasi Sekolah/Madrasah Muhammadiyah Unggul di Setiap Kabupaten/Kota dan Provinsi
  4. Penjaminan Mutu Sekolah/Madrasah Muhammadiyah
  5. Pelaksanaan Pendidikan Holistik Integratif
  6. Mereview dan merevisi ketentuan dan pedoman Majelis
  7. Baitul Arqom AUM Dikdasmen PNF (Kepsek, Guru, Tenaga Kependidikan)
  8. Peningkatan Karakter dan Prestasi Siswa (Olimpiade, Festival dst) 9. Penyelenggaraan Pendidikan Non Formal di Setiap Cabang, Daerah dan Wilayah
  9. Pengoptimalan UIG/UIS (Dana Ta’awun)
  10. Meningkatkan jaringan antar lembaga internal (UPP, PTMA), eksternal (Pemerintah/NGO/Swasta) dan kolaborasi Internasional
  11. Mengoptimalkan Forum Guru Muhammadiyah (FGM)
  12. Sukses PPDB Sepanjang Tahun
  13. Digitalisasi Pendidikan

Karakteristik Kurikulum ISMUBA Pertama, Berbasis Al-Islam dan Kemuhammadiyahan sebagai karakter utama. (Kurikulum ISMUBA mengedepankan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan sebagai karakter utama yang mendasari seluruh mata pelajaran dan kegiatan pembelajaran)

Kedua, Holistik dan integratif. (Kurikulum ISMUBA mengintegrasikan berbagai aspek, seperti aspek spiritual, sosial, intelektual, dan emosional)

 Ketiga, Berorientasi pada peserta didik (Kurikulum ISMUBA disusun dengan memperhatikan kebutuhan dan perkembangan peserta didik) Keempat, Fleksibel (Kurikulum ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing satuan pendidikan) Acara mendapat sambutan antusias dari para peserta menjelang tahun ajaran baru 2024/2025.

Sukses PPDB SMP Muhammadiyah se-Daerah Sleman dan implementasi Kurikulum Ismuba yang sudah disempurnakan !!!

Wahdan AF H. SPd, SMKM Tempel , MPI PDM Sleman

Loading

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Leave a Replay

Solverwp- WordPress Theme and Plugin