SMK Muhammadiyah Cangkringan Melakukan Penguatan Karakter Melalui Shalat Berjamaah

0 0
Read Time:1 Minute, 59 Second

Cangkringan, Pdmsleman.Or.Id

Sekolah merupakan rumah kedua bagi para siswa yang menuntut ilmu. Mereka berada di sekolah dalam waktu yang cukup lama, sehingga sangat layak jika sekolah menjadi rumah kedua bagi para siswa. Sebagai rumah kedua, sekolah tidak hanya bertugas mengajarkan hal-hal yang bersifat kognitif, namun harus lebih dari itu semua. Di sekolah harus ditanamkan nilai-nilai dan karakter sehingga anak-anak atau siswa-siswa  tumbuh menjadi orang yang berkarakter. Inilah yang disampaikan oleh Ibu Titik Sunarti, S.Pd kepala sekolah SMK Cangkringan pada acara penerimaan mahasiswa Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 Universitas Ahmad`Dahlan Yogyakarta Senin 7 Agustus 2023.

SMK Muhammadiyah Cangkringan yang mempunyai siswa 564 orang pada tahun ajaran ini, berusaha untuk melakukan penguatan karakter siswa-siswinya melalui kegiatan shalat jamaah.  Mengapa penanaman karakter dimulai dari shalat berjamaah? Bu Titik menjelaskan bahwa shalat mempunyai fungsi yang sangat besar. Sesuai dengan firman Allah SWT: “Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) itu lebih besar keutamaannya dari ibadah yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Ankabut: 45).

Sebagai Amal Usaha Muhammadiyah, SMK Muhammadiyah Cangkringan tergerak untuk menguatkan karakter siswa melalui perbaikan shalat (berjamaah). Jadi pada waktu-waktu shalat, kami menggerakkan semua guru untuk memantau siswa-siswi untuk bisa melakukan shalat dengan benar. Gerakan shalat jamaah yang baik dan benar ini, dimulai dari persiapannya yaitu anak-anak diajarkan bagaimana bacaan-bacaan dalam shalat yang sesuai dengan manhaj tarjih Muhammadiyah. Anak-anak juga diajarkan bagaimana gerakan yang benar sesuai dengan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Semua guru dan warga sekolah digerakkan untuk pelaksanaan kegiatan ini. Bu Titik berharap, semua siswa dapat melaksanakan shalat yang sesuai dengan ajaran Islam.

SMK Muhammadiyah Cangkringan saat ini mempunyai jurusan yaitu Akuntansi dan Keuangan Lembaga, Bisnis Daring dan Lembaga, Teknik Kendaraan Ringan dan Otomotif, Teknik Sepeda Motor, dan Tata Busana. Alhamdulillah untuk tahun ajaran 2023/2024 SMK Muhammadiyah Cangkringan menerima siswa sesuai dengan target. Harapannya untuk-tahun berikutnya SMK Muhammadiyah Cangkringan terus berkembang dan mendapat perhatian masyarakat. Semua siswa dari semua jurusan diberlakukan ketentuan yang sama dalam penanaman karakter melalui shalat berjamaah.  “Kami berharap mereka semua akan mempunyai karakter yang baik semua, sehingga setelah lulus nanti mereka mempunyai kecakapan ilmu yang baik, sehingga dapat diterima di masyarakat luas, berkarir dengan baik dan mempunyai karakter unggul di tengah masyarakat,” kata Bu Titik.

Kontributor: Sutipyo Ru’iya, MPI Sleman.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *