Wisuda Purna Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah Pakem Tahun ajaran 2023-2024

Facebook
Twitter
LinkedIn
0 0
Read Time:5 Minute, 23 Second

Pakem, Pdmsleman.Or.Id

Wisuda Purna Siswa merupakan agenda rutin SD Muhammadiyah Pakem yang dilaksanakan setiap tahun setelah semua proses pembelajaran siswa-siswi kelas VI selesai atau setelah siswa mendapatkan hasil ASPDBK.

            Kegiatan wisuda tahun ini dilkasanakan Sabtu, 15 Juni 2024, di Auditorium Prof. K.H. Abdul Kahar Mudzakkir Universitas Islam Indonesia dengan dipenuhi suasana haru dan dihadiri oleh siswa, guru, orang tua, dan tamu undangan. Tamu undangan yang hadir antara lain Koordinator Wilayah Kapanewon Pakem Hatri Andari, S.Pd.SD., Majelis Dikdasmen PCM Pakem, Drs. H. Warjono,  Kasi Kurikulum Ahmad Ritaudin, M.Pd. Perwakilan dari PDM Sleman yaitu Drs. H. Sudarto. Serta tamu undangan lain yang tidak dapat kami sebutkan satu-persatu.

            SD Muhammadiyah Pakem tahun ini meluluskan sebanyak 93 siswa, serta tahun ini adalah Angkatan lulusan ke XVII SD Muhammadiyah Pakem. Untuk itu acara kali ini diberi tema “Happy Graduation Day Sixth Grade Of SD Muhammadiyah Pakem Elementary School Angkatan XVII”.

            Acara wisuda berlangsung pukul 07.00-11.30. Sebelum acara dimulai, untuk menghibur para tamu undangan yang sudah hadir ditampilkan Tim Tari siswi SD Muhammadiyah Pakem yang beranggotakan Aerilyn kelas 1B, Mehrunisa kelas 3B, Kirana kelas 3C, Annasya kelas 4B, dan Amira kelas 4B di bawah asuhan Bapak Alex Mulya dengan menarikan tari Gembira karya Untung.

            Tepat pukul 07.00 acara dimulai. Acara dimulai dengan kirab para calon wisudawan wisudawati. Barisan pertama terdapat penari Wanara Arga siswa kelas 4 yang berkostum dan berdandan seperti kera dan dua anak siswa kelas 4 yang membawa bendera merah putih serta bendera Muhammadiyah. Diikuti pemain drumband siswa kelas 5, kepala sekolah, wali kelas, calon wisudawan wisudawati, dan dibarisan terakhir ditutup oleh peserta Tapak Suci siswa kelas 4 dan 5. Mereka berjalan dari depan gedung sampai memasuki gedung dengan diiringi musik drumband, hingga wisudawan wisudawati menempati tempat duduknya masing-masing.

            Dilanjutkan penari Wanara Arga yaitu Kezha siswa kelas 4C menunjukkan kebolehannya di atas panggung. Acara berikutnya yaitu Kalam Illahi yang dibacakan oleh Evan dan Nisa siswa kelas 5C. Kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Muhammadiyah oleh Gema Nada Smupa siswa-siswi SD Muhammadiyah Pakem.

            Acara berikutnya adalah sambutan. Sambutan yang pertama dari persyarikatan diwakili oleh Drs. H. Sudarto yang menyapaikan bangga atas prestasi yang diperoleh SD Muhammadiyah Pakem, yaitu tahun ini memperoleh peringat ke-4 ujian sekolah Ismuba se-Kabupaten Sleman dari 79 Sekolah Dasar Muhammadiyah. Semoga prestasi SD Muhammadiyah Pakem dapat terus bertahan bahkan meningkat dari tahun ke tahun. Sambutan kedua dari kedinasan yang diwakili oleh Kasi Kurikulum yaitu Ahmad Ritaudin, M.Pd. menyampaikan bahwa beliau bangga dan mengapresiasi atas prestasi yang diperoleh SD Muhammadiyah Pakem karena hasil ASPDBK tahun ini SD Muhammadiyah Pakem memperoleh peringkan 1 di Kapanewon Pakem dan peringkat 10 di Kabupaten Sleman. Beliau juga berharap semoga kelak SD Muhammadiyah Pakem bisa mewarnai sampai tingkat provinsi maupun nasional.

            Sebelum prosesi wisuda dilaksanakan, di tampilkan terlebih dulu menyanyi solo dari Arsyilla kelas 1B yang menyanyikan Lagu Bahagia. Sesuai dengan suasana hati para wisudawan wisudawati yang sebentar lagi akan di wisuda. Berikutnya tampilan Tim Tapak Suci dari siswa kelas 4 dan 5, dilanjutkan penampilan pantomin dari Fahira kelas 5A dan Bilqis kelas 4C.

            Acara yang ditunggu-tunggu pun tiba yaitu prosesi wisuda. Sebanyak 93 siswa akan di wisuda oleh Kepala Sekolah yaitu Rr. Afiati Fatimah, M.Pd. Setelah prosesi wisuda selesai dilanjutkan pisah sambut dari pihak sekolah kepada wali murid. Perwakilan dari wali murid yaitu Ir. Soetanto, M.M. sekaligus menyampaikan rasa bangga dan haru atas keberhasilan para siswa-siswi menyelesaikan pendidikan di SD Muhammadiyah Pakem. “Hari ini adalah hari yang istimewa bagi kita semua. Enam tahun sudah putra putri kita berupaya menjadi putra putri terbaik. Pada kesempatan kali ini, ibu Kepala SD Muhammadiyah Pakem menyerahkan kembali siswa-siswi kepada bapak/ ibu orang tua, mudah-mudahan menjadi amal jariyah bagi bapak/ ibu guru semua. Dan kami memohon maaf jika selama enam tahun mendidik dan membimbing putra putri kami, banyak salah dan khilaf yang dilakukan anak-anak kami, kami sebagai orang tua memohonkan maaf yang setulus-tulusnya.

            Setelah acara pisah sambut selesai dilanjutkan persembahan dari wisudawan dan wisudawati yang menyanyikan lagu Terima Kasihku, Selamat Tinggal Kawanku, Restumu Kunanti, serta pembacaan puisi oleh Azka dan Nabila. Dilanjutkan penampilan tari Caping oleh Rahma kelas 3B dan Kayla kelas 3C.

            Acara berikutnya yaitu pembacaan prestasi Akademik maupun Non-akademik yang telah dicapai oleh para wisudawan wisudawati, antara lain peraih hafalan terbaik, nilai sempurna pada ujian sekolah Ismuba, prestasi di bidang olahraga, serta perolehan nilai tertinggi ASPDBK mata Pelajaran Literasi Membaca, Literasi Numerasi, Literasi Sains.

            Untuk perolehan nilai ASPDBK tertinggi diraih oleh Nafrida Filza Nafi’a dengan jumlah nilai 281,67. Peringkat kedua diraih oleh Kanz Aufar Agriza Ghany dengan jumlah nilai 276, 31, serta peringkat ketiga diraih oleh Naila Nada Asyifa dengan jumlah nilai 275, 60.

            Setelah pembacaan prestasi selesai dilanjutkan unjuk kebolehan dari wisudawan wisudawati seperti hafalan surat An-Naziat oleh Jawza, Hanif, Zakia, Dilla, Elma, Azka, Aufar, Daffa. Menyanyi lagu Monokrom dari Tulus oleh Naaqila dan Bilqis, Solo drum oleh Sabian, dan terakhir penampilah flashmop dari seluruh wisudawan wisudawati membawakan lagu Guru dan Murid.

            Acara terakhir yaitu penutup yang ditutup dengan pembacaan doa oleh Sarjono, S.Ag. dilanjutkan dengan berjabat tangan wisudawan wisudawati dengan para guru.

            Demikianlah serangkaian acara Wisuda Purna Siswa SD Muhammadiyah Pakem yang telah berjalan dengan lancar. Semua itu berkat Tim Acara SD Muhammadiyah Pakem, guru dan karyawan, serta seluruh wali murid SD Muhammadiyah Pakem.

            Sekali selamat dan suksen kepada para wisudawan wisudawati, semoga kesuksesan selalu menyertai kalian semua dan tentunya dapat melanjutkan sekolah ke jenjang berikutnya sesuai harapan dan keinginan masing-masing. “Smupa Sekolah Ndeso Prestasi Kutho”.

Loading

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Leave a Replay

Solverwp- WordPress Theme and Plugin